5 Tips Memilih Partner IT Solution Terbaik

25 Nov 2020 5 Minutes reading

Tidak semua bisnis bergerak di bidang teknologi informasi dan digital. Namun saat ini hampir semua perusahaan perlu mendigitalisasi model bisnisnya. Ini sejalan dengan perubahan tren dimana sekarang semuanya berjalan serba otomatis, cepat, dan praktis, melalui teknologi digital. 

Teknologi digital mendisrupsi hampir semua pengalaman hidup manusia dari yang manual berpindah ke digital. Pemilik bisnis menghadapi tantangan baru dimana mereka harus sesegera mungkin mendigitalisasi bisnis agar tidak tertinggal jauh dengan tren konsumen mereka yang juga ikut berubah. 

Membangun infrastruktur teknologi saat ini gak harus mulai dari awal seperti perusahaan teknologi pada umumnya. Alternatifnya, kita bisa berkolaborasi dengan pihak ketiga, IT vendor / software house. Keuntugannya, kita tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membangun infrastruktur sekaligus mengelolanya. Semua pekerjaan itu bisa diselesaikan dengan mudah dan aman oleh pihak pengembang.  

Menemukan partner IT solution tidak bisa dipandang sebelah mata. Artinya, jika kita salah memilih partner, maka resikonya akan berdampak buruk pada pertumbuhan bisnis. Untuk itu, para pemilik bisnis perlu sedikit serius mempertimbangkan 5 hal sebelum memutuskan partner yang tepat. Apalagi saat ini cukup banyak pengembang aplikasi atau IT developer yang menawarkan solusi layanan teknologi. Bahkan sebagian pengembang berlomba-lomba menawarkan harga sangat murah namun tidak dibarengi dengan kualitas. 

Agar bisnis dan investasi sama-sama menguntungkan, coba pertimbangkan 5 ketentuan di bawah ini:

1. Punya banyak user experience  

Layanan platform berbasis SaaS (software as a service) menawarkan tampilan antarmuka intuitif di berbagai perangkat. Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas dan menyederhanakan pekerjaan. Dengan begitu, business owner punya cukup opsi terlibat dalam proses dan melakukan apa yang diinginkan, kapan, dimana, dan bagaimana. . 

2. Peluang berkembang lebih besar 

Layanan berbasis cloud dirancang sejalan dengan kebutuhan klien yang berubah mengikuti tren. Jika nanti bisnis Anda perlu menambah fitur dan fungsionalitas baru, maka proses integrasinya berjalan mudah dan cepat tanpa mengganggu sistem lain. Vendor IT akan memperbarui sistem secara berkala dan memastikannya berjalan lancar. 

3. Aksesibilitas

Kelebihan platform SaaS salah satunya adalah fleksibel, bisa diakses dari mana saja dan kapan saja. Keunggulan ini memudahkan karyawan sekaligus mitra untuk mengelola bisnis dalam kondisi apapun dengan jaminan perlindungan data. 

4. Keamanan 

Security jadi persoalan krusial bagi kebanyakan business owner karena menyangkut informasi penting perusahaan. Layanan berbasis SaaS dianggap lebih menguntungkan dari sisi keamanan data. Alasannya, vendor IT atau penyedia layanan SaaS punya akses ke pusat data dan teknologi yang tidak dimiliki pemilik bisnis kecil dan menengah. 

5. Pelayanan pelanggan 

Proses implementasi serta penggunaan sistem dalam sehari-hari kadang tidak berjalan mulus. Sehingga Anda butuh koordinasi intens dan konsisten untuk menyelesaikan berbagai kendala teknis. Vendor IT terbaik idealnya bukan cuma ahli merancang sistem mumpuni, namun juga fokus pada support pelanggan kapanpun dibutuhkan. 

Itu tadi 5 faktor yang bisa kita jadikan pertimbangan sebelum menentukan partner untuk pengembangan sistem perusahaan. Vendor IT solution terbaik idealnya bukan cuma ahli merancang sistem canggih dan tepat gunah, namun juga fokus pada support pelanggan kapanpun dibutuhkan

Some CTA to lead

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

#IT Solution