Anda pebisnis Online? Wajib Manfaatkan Tools Gratis ini nih

25 Nov 2020 5 Minutes reading

Sudah berapa laman Anda menjalankan bisnis secara online? Ataukah Anda termasuk salah satu pelaku bisnis yang terbilang baru merambah dunia online? Apapun statusnya, Anda tetap perlu yang namanya tools untuk memudahkan proses kerja sekaligus mendapatkan keuntungan maksimal.

Ada banyak kategori tools pendukung yang bisa bahkan wajib kita manfaatkan untuk menjalankan bisnis online. Mulai dari manajemen sistem, proses produksi, dan tools monitoring. Kita bisa pilih mau pakai tools gratis ataupun berbayar dengan beberapa fitur premium. Berikut kami rekomendasikan 5 tools dasar yang wajib kita pakai untuk menjalankan bisnis online.   


Google Bisnis

Google bisnis termasuk salah satu produk Google yang menawarkan direktori listing dengan cakupan area lokal, bisa berupa jarak kilometer dari lokasi bisnis ataupun wilayah. Tools ini memudahkan listing produk atau profil bisnis muncul di hasil pencarian lokal, maps, dan kotak snack pack hasil pencarian Google. Sehingga tools ini bisa mendekatkan kita dengan calon pelanggan yang mungkin sedang berada di lokasi terdekat dari tempat bisnis kita. Dia akan mengarahkan calon pelanggan lewat maps ataupun mesin pencari. 

Website builder 

Bentuknya berupa landing page atau website toko online. Fungsinya selain untuk lapak jual beli, juga mengenalkan brand sekaligus membangun kepercayaan atau trust ke pelanggan. Buat Anda yang mungkin tidak familiar dengan coding atau mungkin kesulitan untuk mendesain tampilan web yang menarik dan mengoptimasinya, solusinya adalah gunakan layanan web builder dari penyedia IT solution. Contohnya, wizonlen.id , layanan pengembang website toko online yang memberikan kemudahan sekaligus tanpa perlu coding ataupun memikirkan hosting. Di WizOnlen ini, Anda bisa memilih tema desain sesuai dengan karakter bisnis. Cukup drag and drop, bisnis Anda bisa segera go online.   

Sosmed management 

Tools yang mengatur penjadwalan konten dan posting secara otomatis di banyak akun medsos. Selain itu, kita juga bisa melihat insight analitik konten yang sudah kita buat. Pilihan tools yang bisa dipakai misalnya Facebook Creator Studio, buffer, Hootsuite, dan Sprout.  

Creative visual 

Visualisasi menjadi elemen penting buat siapapun yang terjun ke bisnis online. Tampilan visual yang menarik punya peluang besar untuk mencuri perhatian orang orang hingga akhirnya tertarik untuk membeli. Untuk memudahkan dan mempercepat desain meski bukan seorang designer, kita bisa manfaatkan Canva.  

Email marketing 

Membangun loyalitas pelanggan dan mengonversi audiens jadi pelanggan. Beberapa platform email newsletter yang bisa dipakai seperti MailChimp, HubSpot, Pardot by Salesforce, dan kirim.email.

Kita tidak perlu menggunakan banyak tools dalam proses membangun dan mengembangkan bisnis online. Karena itu hanya akan membuat kita semakin kerepotan dan malah tidak fokus. Sebaliknya, kita manfaatkan tools yang menawarkan fitur sejalan dengan kebutuhan atau masalah bisnis kita. 

Punya 5 tools diatas atau lebih, gak serta merta membuat bisnis online Anda eksis bahkan bisa bertahan. Untuk itu kita perlu melakukan optimasi strategi bisnis online agar gak tetap eksis sekaligus mendatangkan profit. Lalu, mengapa dan bagaimana step mengembangkan bisnis online, terutama untuk UMKM? Jawabnya ada di sesi webinar minggu ini.


Cara Jitu Berbisnis UMKM ala Perusahaan Kelas Dunia

Hari : Jumat, 14 Agustus 2020

Jam : 15.00 - 17.30 WIB

 

*Akan ada ebook gratis buat kalian yang ikut webinarnya

Some CTA to lead

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.

#Bisnis Online #UMKM Go Online #Vascomm Webinar